TUMANGGOR, GINAGOR (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255210033 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
NIM 071255210033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM 071255210033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM 071255210033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
NIM 071255210033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
NIM 071255210033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
NIM 071255210033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
NIM 071255210033 BAB I .pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
NIM 071255210033 BAB V .pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
NIM 071255210033 DAFTAR PUSTAKA print.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik( MSPEM) Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok yang akan diteliti yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian kelas sebanyak 79 orang yang terdiri dari 3 kelas yaitu TITL 1, TITL 2 dan TITL 3. Penarikan sampel yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan strategi pembelajaran berbasis komputer sebanyak 13 orang di kelas TITL 2 dan kelompok perlakuan strategi pembelajaran ekspositori sebanyak 13 orang di kelas TITL 3. Data penelitian dianalisis dengan anava kemudian menggunakan uji lanjut Scheffe . Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar MSPEM yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis komputer dan memiliki kreativitas tinggi adalah berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau (0,2593) < (0,300); data hasil MSPEM yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis komputer dan memiliki kreativitas rendah adalah distribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau (0,2202) < (0,319); data hasil belajar MSPEM yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki kreativitas tinggi adalah distribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau (0,1784) < (0,300); data hasil belajar MSPEM yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki kreativitas rendah adalah distribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau (0,2230) < (0,310); data hasil belajar MSPEM yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis komputer berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau (0,1104) < (0,234); data hasil belajar MSPEM yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori adalah distribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau (0,2294) < (0,234); data hasil belajar MSPEM yang memiliki kecerdasan kreativitas tinggi adalah berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau (0,1305) < (0,227); data hasil belajar MDDE yang memiliki kreativitas rendah adalah berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau (0,2201) < (0,242)dan kedua varians data adalah Homogen karena 2 hitung < 2tabel atau (0,64) < (7,81).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi Pembelajaran Berbasis Komputer dan strategi pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dimana Fhitung > Ftabel atau (7,46) > (4,30); (2) Tinggi rendahnya kreativitas memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dimana Fhitung > Ftabel atau (13,21) > (4,30); (3) Terdapat beberapa interaksi antara strategi pembelajaran dengan kreativitas siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dimana Fhitung > Ftabel atau (30,46) > (4,30). Berdasarkan perhitungan uji lanjut Scheffe bahwa Fhitung(15.85)>Ftabel(3,05) dan tolak Ho sekaligus terima Ha, Hal ini berarti interaksi antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasi komputer dengan siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori mempunyai pengaruh positif yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Tum p |
Keywords: | Komputer; Kreativitas; Simulasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18597 |