Pramono, Sugy (2012) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA DAN PENGUASAAN TEORI DENGAN KEMAMPUAN PRAKTEK MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DARI SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Y.P .SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 0510310940 SAMPUL.PDF - Published Version
Download (84kB) | Preview
NIM 0510310940 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (148kB) | Preview
NIM 0510310940 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM 0510310940 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM 0510310940 BAB I_R.PDF - Published Version
Download (204kB) | Preview
NIM 0510310940 BAB V.PDF - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM 0510310940 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan keberartian Antara Persepsi Dan Penguasaan Teori Dengan Kemampuan praktek dari Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK swasta Teladan Medan dengan jumlah responden 63 orang.Data penelitian ini dijaring dengan menggunakan instrumen angket untuk Persepsi (X1) dan Penguasaan Teori (X2) dan dengan KemampuanPraktek Memasang Instalasi Penerangan Listrik BangunanSederhana (Y).Berdasarkan uji coba instrumen pada 30 orang siswa dengan 30 butir soal angket diketahui 28 soal pada aktivitas belajar siswa yang valid pada taraf signifikansi 5% dan memiliki reliabilitas yang sangat tinggi 0,864 pada taraf signifikansi 5%, sedangkan uji coba instrumen kemandirian belajar dari 30 soal yang diujikan terdapat 26 soal yang valid pada taraf signifikansi 5% dan memiliki reliabilitas yang sangat tinggi yaitu sebesar 0,952 pada taraf signifikansi 5%. Dan untuk hasil belajar memasang dasar instalasi listrik dari 40 soal yang diujikan terdapat 38 soal yang valid pada taraf signifikansi 5%, memiliki reliabilitas yang sangat tinggi yaitu sebesar 0,890 pada taraf signifikansi 5%, pada taraf kesukarannya terdapat 36 butir soal yang kategori sedang; 4 butir dengan kategori mudah. Memilki pada daya pembeda terdapat 9 butir soal kategori baik, 29 butir soal kategori cukup dan 2 butir soal kategori jelek.Hasil uji normalitas data masing-masing variabel penelitian dapat disimpulkan adalah berdistribusi normal berdasarkan chi-kwadrat. Hasil uji hipotesis berdasarkan koefisien product momen yaitu aktivitas belajar siswa (X1) terhadap hasil belajar memasang dasar instalasi listrik (Y) diperoleh rhitung sebesar 0,503 dan rtabel 0,396, dengan demikian rhitung > rtabel yaitu 0,503 > 0,396 dan kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar memasang dasar instalasi listrik (Y) diperoleh rhitung sebesar 0,521 dan rtabel 0,396, dengan demikian rhitung > rtabel yaitu 0,521 > 0,396.Hasil uji masing-masing variabel penelitian dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi Y atas X1adalah Y = 13,529 + 0,142 X1 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikan 5% dan Persamaan regresi Y atas X2 adalah Y = 13,737 + 0,153 X2 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikan 5%. Dan persamaan regresi multiple Y = 7,744 + 0,109 X1 + 0,122 X2 terdapat hubungan positif dan berarti antara aktivitas belajar siswa dan kemandirian belajar dengan hasil belajar memasang dasar instalasi listrik pada taraf signifikasi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Pra h |
Keywords: | Oprasional;Instrumen;Instalasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18593 |