Sihombing, Tumpak (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MEMASANG INSTALASI PENERANGAN BANGUNAN LISTRIK SEDERHANA SISWA SMK TAMAN SISWA TEBING TINGGI T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 06255220076 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
NIM 06255220076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
NIM 06255220076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
NIM 06255220076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
NIM 06255220076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
NIM 06255220076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM 06255220076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM 06255220076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 06255220076 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
NIM 06255220076 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 06255220076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Macromedia FlashSebagai Media Chemo-Edutainment terhadap Hasil Belajar Memasang Instalasi Penerangan Bangunan Listrik Sederhana Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok yang akan diteliti yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa tingkat I SMK Swasta Taman Siswa Tebing Tinggi Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Pemakaian sebanyak 64 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu TITL dan TITL. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik totally sampling, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan Menggunaan Macromedia Flash sebanyak 32 orang di kelas TITL dan kelompok perlakuan pembelajaran ekspositori sebanyak 32 orang di kelas TITL. Data penelitian dikumpul dengan mempergunakan tes hasil belajar Memasang Instalasi Penerangan Bangunan Listrik Sederhana dan dianalisis dengan statistik deskriptip. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Static Group Comparison yaitu dengan melihat perbedaan hasil post test, antara kelompok eksperimen dan control. Untuk menentukan reliabilitas test digunakan rumus KR-20. Untuk menguji normalitas dari data digunakan Uji Lillyiefors. Untuk melihat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan media software Macromedia Flash MX sebagai media chemo-edutainment dan pembelajaran ekspositori dilakukan uji hipotesis dengan uji t satu pihak yaitu uji t pihak kanan dengan kriteria pengujian yang berlaku ialah tolak H0 t^1 ≥ (w_1 t_1+ w_2 t_2)/(w_1+ w_2 )) dan terima H0 w1 = w2 = , t1 = t( 1 –α) , (n1 – 1) dan t2 = t(1 – α), (n2 – 1). Uji normalitas data untuk kelas eksperimen (Pembelajaran dengan Menggunakan media software Macromedia Flash MX) sebagai media chemo-edutainment diperoleh Lo atau Lhitung = 0,0810 dan Ltabel (0,05) = 0,1566, Karena Lo < Ltabel. Uji Normalitas data untuk kelas kontrol (Ekspositori) diperoleh Lo atau Lhitung = 0,1049 dan Ltabel (0,05) = 0,1566. Karena Lo < Ltabel. Homogenitas varians ini diuji dengan membandingkan varians terbesar dengan varians terkecil dengan data Fh < Ft, atau 1,179< 1,845. Dalam penelitian ini, penerapan Pembelajaran Menggunakan media software Macromedia Flash MX sebagai media chemo-edutainment memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dimana hasil belajar Memasang Instalasi Penerangan Bangunan Listrik Sederhana kelompok yang diajar dengan Pembelajaran Menggunakan software Macromedia Flash MX memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Serta hasil belajar tersebut di uji dengan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan sehingga hipotesis penelitian Ha diterima. Jadi terbukti hasil belajar Memasang Instalasi Penerangan Bangunan Listrik Sederhana siswa kelas X SMK TR Taman Siswa Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012 yang diajar dengan Pembelajaran Menggunakan software Macromedia Flash MX sebagai media chemo-edutainment lebih baik dibandingkan yang diajar dengan pambelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Sih p |
Keywords: | Serderhana;Ekspositori;Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18588 |