SINAGA, LUKBER (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR SISWA KELAS X SMK SWASTA GKPS 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255210037 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 071255210037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
NIM 071255210037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
NIM 071255210037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
NIM 071255210037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
NIM 071255210037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 071255210037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
NIM 071255210037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM 071255210037 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 071255210037 BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem based Learning terhadap hasil belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar Siswa Kelas X SMK Swasta GKPS 2 Pematang siantar pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Audio Vidio di SMK Swasta GKPS 2 Pematangsiantar pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian diperoleh dengan cara undi dengan mengambil secara mengundi kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (X TAV1) yang berjumlah 24 orang dan kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (X TAV2) yang berjumlah 24 orang, sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 48 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian posttest-only control Group design. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh Lhitung(0,1272) < Ltabel(0,1730) pada ketegori normal, pada pembelajaran siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung(0,1428) < Ltabel(0,1730) pada kategori normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Menerapkan sistem bilangan dasar diperoleh Fhitung sebesar 1,33 dan Ftabel 1,92 karena Fhitung < Ftabel atau 1,33 < 1,92 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang sangat signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Vidio di SMK Swasta GKPS 2 Pematangsiantar pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2012/2013 dimana (thitung 2,23 > ttabel 1,67)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Sin p |
Keywords: | Pembelajaran;Populasi; Sampel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18587 |