PASARIBU, DIAN AFRIANI BR (2012) IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR KELAS X TKJ DI SMK YAPIM “TARUNA” BATANG KUIST. A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255220040 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 071255220040 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
NIM 071255220040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
NIM 071255220040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM 071255220040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 071255220040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 071255220040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 071255220040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 071255220040 BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
NIM 071255220040 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NIM 071255220040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui multimedia interaktif Animasi Flash ini merupakan alternative yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui bagaimana ketertarikan siswa dalam pembelajaran Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar jika menggunakan media interaktif Animasi Flash.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Yapim “Taruna” Btang Kuis. Jumlah Siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan sebanyak 30 orang. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Pada saat Pre test dari 30 orang siswa kelas X TKJ yang mencapai nilai Kriteria Ketuuntasan Minimum (KKM) hanya 4 orang (13,33%) sedangkan yang tidak mencapai ada 26 orang (86,66%). Pada saat Post test I siswa yang mencapai KKM sebanyak 13 orang (43,33%) dan yang tidak mencapai 17 orang ( 56,66%) dengan nilai rata – rata 64,66 dengan ketuntasan klasikal yang hanya sebesar 43,33 menyatakan bahwa siklus II harus dilakukan. Pada saat siklus II siswa yang mencapai nilai KKM 26 orang (86,67%) dan yang tidak mencapai sebanyak 4 orang (13,33%). Dengan nilai rata – rata 79,46 itu artinya telah terjadi peningkatan besar 43,33%. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa ketuntasan klasikal telah mencapai 86,76% melebihi kentuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 70%. Berdasarkan ketertarikan dari hasil angket menunjukan bahwa 23 orang siswa (77%) yang menyatakan sangat tertarik dengan media yang digunakan dan 7 orang (33%) yang menyatakan tertarik.Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa Animasi Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Gerbang Logika dan siswa sangat tertarik dalam menggunakan Media Animasi FLah dengan demikian disarankan kepada pihak sekolah agar menggunakan Animasi Flash sebagai media pembelajaran khususnya untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Pas i |
Keywords: | Media; Animation Flash; Logic Gate |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18582 |