Naibaho, Dewi (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi supervisi klinis dengan pendekatan direktif dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Binjai. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yang ditentukan dengan cara Purposive sampel. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan, (d) refleksi. . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar IPKG 1, IPKG 2, dan evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Pada pra siklus, tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik, 66% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik, dan 33% guru memiliki skor kinerja dalam kategori kurang baik. (2) Pada siklus pertama tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik. 100% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. (3) Pada siklus kedua 87% guru sudah memiliki skor kinerja dalam kategori baik. 13% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa implementasi supervisi akademik model artistik dapat meningkatkan kinerja guru.Saran kepada kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelaksanaan tugasnya sebaiknya menerapkan supervisi klinis pendekatan direktif berbasis manajemen pendidikan. Kepada pengawas sekolah bidang studi bahasa Indonesia sebaiknya menerapkan supervisi klinis pendekatan direktif berbasis manajemen pendidikan. Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang sebaiknya memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pengawas dan kepala sekolah untuk memperluas wawasan tentang penerapan supervisi klinis directif berbasis manajemen pendidikan. Kepada Guru bidang studi bahasa Indonesia agar selalu meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sastra melalui pendidikan dan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Nai i |
Keywords: | Supervisi klinis; Pendekatan direktif; Manajemen pendidikan; Kinerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 08:25 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1858 |