PASARIBU, DEWI SINTA (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONKA DI SMK MELATI PERBAUNGANTAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 508331014 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM 508331014 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
NIM 508331014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
NIM 508331014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
NIM 508331014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 508331014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
NIM 508331014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
NIM 508331014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
NIM 508331014 BAB I Inkuiri.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
NIM 508331014 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
NIM 508331014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hasil Belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dengan Siswa Yang Diajarkan Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika di SMK Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika SMK Melati Perbaungan yang mengikuti kompetensi Memahami Pengukuran Komponen Elektronika yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelas eksperimen (kelas yang menerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) adalah kelas X ELE-1 yang berjumlah 30 siswa serta kelas X ELE-2 menjadi kelas kontrol (kelas yang menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 30 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika antara Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori, dimana hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika untuk kelas yang menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika untuk kelas yang menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 25,07 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 22,7. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Memahami Pengukuran Komponen Elektronika dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri diperoleh Lhitung sebesar 0,1105 dan Ltabel sebesar 0,1610 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1105 < 0,1610, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument Memahami Pengukuran Komponen Elektronika dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,1388 dan Ltabel = 0,1610 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1388 < 0,1610, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika diperoleh Fhitung sebesar 1,63 dan Ftabel 1,86 karena Fhitung < Ftabel atau 1,63 < 1,86 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika di SMK Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 2,22 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,771.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Pas p |
Keywords: | Penelitian ; Variabel; Operasional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18577 |