ANJANI, INGGAR DWITA (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEOSMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 71255210008 COVER .pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 71255210008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
NIM 71255210008 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
NIM 71255210008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM 71255210008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM 71255210008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
NIM 71255210008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
NIM 71255210008 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
NIM 71255210008 BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
NIM 71255210008 BAB V KESIMPULAN .pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM 71255210008 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio di SMK Teknik Audio Video sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiaan pembelajaran, materi pelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagan besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional.Keadaan tersebut potensial menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan.Pengembangan program didasarkan data – data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui tiga tahapan siklus tindakan kelas.Dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio dilakukan PTK dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Melati Perbaungan dengan 2 siklus. Pada siklus pertama, sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar kooperatif tipe JIGSAW, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip – prinsip pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Di lain sisi guru sebagai kolaborator dalam PTK ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW.Dalam siklus kedua, siswa dan guru (kolaborator) sudah mulai memahami implementasi pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Dari hasil observasi aktifitas siswa meningkat. Sedangkan hasil ulangan harian menunjukkan peningkatan dari rata – rata sebesar 54,66 pada ulangan harian kesatu (sebelum penggunaan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW) menjadi rata – rata 71,08 pada ulangan harian kedua dan menjadi rata – rata 79,75 pada ulangan harian ketiga (setelah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW). Dari hasil pelaksanaan PTK, siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio pada Kelas X Teknik Audio Video SMK Swasta Melati Perbaungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Anj m |
Keywords: | Guru; Siswa; Evaluasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18574 |