Manullang, Anre Martin (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIDIKALANG KAB. DAIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2103111003 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 2103111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
3. NIM 2103111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM 2103111003 PREVACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM 2103111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM 2103111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM 2103111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM 2103111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM 2103111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
13. NIM 2103111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM 2103111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Cooperative Integrated reading and composition terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Sidikalang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang difokuskan pada kemampuan siswa menulis wacana argumentasi. Populasi penelitian ini siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Sidikalang. Secara acak dipilih dua kelas sebagai subjek penelitian. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran cooperative integrated reading and composition dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional.
Dalam pelaksanaan penelitian dikembangkan perangkat dan instrumen penelitian. Perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa tes. Teknik tes dalam penelitian ini berupa suruhan atau perintah dengan format uraian bebas. Tes digunakan untuk mengetahui dan mengukur nilai rata-rata siswa dalam menulis wacana argumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata skor kemampuan menulis wacana argumentasi di SMA Negeri 2 Sidikalang yang diajar dengan model pembelajaran CIRC sebesar 71,73 lebih tinggi dari skor kemampuan menulis wacana argumentasi di SMA Negeri 2 Sidikalang yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional yaitu sebesar 60,07. (2) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis setelah diberakukan pembelajaran diperoleh bahwa t_hitung=6.206>t_tabel=1.67. sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh pembelajaran cooperative integrated reading and composition pada kemampuan menulis wacana argumentasi di SMA Negeri 2 Sidikalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 045 |
Keywords: | Pembelajaran CIRC: Pembelajaran Konvensional: Wacana Argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 08:25 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1857 |