Fernando, Nico (2016) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KATOLIK CINTA KASIH TEBING TINGGI PADA POKOK BAHASAN KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 309121054 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. NIM. 309121054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
3. NIM. 309121054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 309121054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 309121054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
6. NIM. 309121054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
10. NIM. 309121054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
11. NIM. 309121054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe student faciliator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan
kehidupan awal masyarakat Indonesia, model pembelajaran kooperatif tipe student faciliator and
explaining efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi kehidupan awal
masyarakat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian
eksperimen. Dengan tehnik pengumpulan data menggunakan penentuan populasi dan sampel.
Untuk menganalisis data maka dilakukan beberapa tahapan yaitu dengan melakukan analisis
berdasarkan prosedur penelitian eksperimen.
Hasil penelitian Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student
facilitator and explaining yang dilakukan penelitian dengan 6x pertemuan diperoleh hasil. Hasil
pemberian pre test pada model pembelajaran kooperatif tipe SFE diperoleh nilai terendah 36
nilai tertinggi 68 nilai rata-rata 52,2, dengan simpangan baku 10,64 sedangkan pada model
pembelajaran konvensional diperoleh hasil pre test nilai terendah 36 nilai tertinggi 68 nilai ratarata
49,2 dengan simpangan baku 10,91. Hasil pemberian pos test pada model pembelajaran
kooperatif tipe SFE diperoleh nilai terendah 64 nilai tertinggi 92 nilai rata-rata 83,0 dengan
simpangan baku 5,74 sedangkan pada model pembelajaran konvensional diperoleh hasil pos test
nilai terendah 60 nilai tertinggi 88 nilai rata-rata 74,4 dengan simpangan baku 7,46.
Kesimpulan Model Pembelajaran Student Facilitator Explaining ini sangat efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa dapat berkreasi lebih banyak dengan
mengemukakan ide, gagasan dan wawasannya dengan materi kehidupan awal manusia
Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SJRH 044 |
Keywords: | Pembelajaran Sejarah; Model Pembelajaran; Masyarakat Indonesia |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 02:58 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18566 |