Noverica, Sondang (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SIDIKALANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172079 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. 8136172079 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. 8136172079 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. 8136172079 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. 8136172079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. 8136172079 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. 8136172079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. 8136172079 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
12. 8136172079 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
13. 8136172079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep dan (3) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel , yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap develop dilakukan dengan disain one group pre-test post-tes. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas 〖VIII〗_5. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas 〖VIII〗_3. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis efektif. (1) Validitas ditunjukkan dari hasil 5 orang validator, rata-rata total validitas untuk RPP: 4,71; LAS: 4,62; Buku Siswa: 4,56; Tes Hasil Belajar: Valid, hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 4 ≤ Va < 5). Instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria reliabel berdasarkan nilai reliabilitas instrument pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa masing-masing sebesar 0,93 dan 0,91. (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil: lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,92; Respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,47 dan 3,60, hasil uji keterbacaan ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). (3) Efektivitas dilihat dari uji coba lapangan sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik (3,50 - 4,49), dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nov p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendekatan pendidikan matematika realistik; Pemahaman konsep; Kemampuan komunikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 01:45 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18553 |