Ismi, Nurul Huda (2015) PERAN GURU PKN DALAM MEMBINA SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 STABAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113311032 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 3113311032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM. 3113311032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 3113311032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 3113311032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM. 3113311032 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 3113311032 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 3113311032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
12. NIM. 3113311032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 3113311032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PKn dalam membina sikap demokratis siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Stabat. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan secara langsung kepada objek yang diteliti, dalam hal ini peneliti mengadakan observasi langsung ke SMP Negeri 2 Stabat Kabupaten Langkat. Kemudian melakukan penyebaran angket kepasa siswa-siswi dan melakukan wawancara kepada guru PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang duduk di kelas VII SMP Negeri 2 Stabat yang berjumlah 213 siswa, yang menjadi sampel diambil 20% dari keseluruhan jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Stabat, yaitu 20% dari 213 siswa menjadi 42 siswa.Dalam penelitian ini, adapun metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, yakni menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melalui perhitungan persentase.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru PKn memiliki peran penting untuk membina sikap demokratis siswa. Sikap demokratis merupakan sikap yang tinggi yang harus dibina terhadap siswa, sehingga seluruh siswa akan terbiasa dengan perbdedaan, mampu menghargai pendapat orang lain, pada umumnya siswa telah memiliki pemahaman bahwa dalam mengemukakan pendapat atau ide tidak mesti harus sama semuanya, sebagian besar siswa telah memiliki persepsi bahwa perbedaan pendapat merupakan hal yang posiitf, serta tidak memaksakan kehendak pada orang lain dan yang terpenting mampu hidup serta bergaul di tengah-tengah perbedaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 085 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18512 |