Haloho, Isfa Ella (2015) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PARAPAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113111017 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
2. NIM. 3113111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
3. NIM. 3113111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 3113111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 3113111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. NIM. 3113111017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. NIM. 3113111017 LIST APPENDICES.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
8. NIM. 3113111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
12. NIM. 3113111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
13. NIM. 3113111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Parapat di jln. Talun sungkit No. 12 Parapat, Kabupaten simalungun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP Negeri 1 Parapat dengan menerapkan model pembelajaran Numbered heads Together. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Parapat yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 179 orang dan yang menjadi Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Parapat yang berjumlah 35 Orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Lembar Observasi dan wawancara yang menyimpulkan apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered heads Together dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Minat belajar siswa yang diamati oleh observer langsung di kelas mengalami peningkatan. Pengamatan dilakukan melalui 10 aspek. Jadi, hasil penelitian menunjukkan persentase minat belajar siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 55,5% dan pada siklus II meningkat yaitu 79,7%, jadi peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 24,2%. Dengan demikian, dengan menerapkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Parapat pada Standar Kompetensi Menampilkan Perilaku Kemerdekaan mengemukakan pendapat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 044 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Numbered Heads Together |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18498 |