Sihotang, Marto (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM MEMBENTUK SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PARLILITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3111511008 COVER.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2. NIM. 3111511008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM. 3111511008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 3111511008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
5. NIM. 3111511008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
6. NIM. 3111511008 TABLES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7. NIM. 3111511008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 3111511008 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
12. NIM. 3111511008 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM. 3111511008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru PKn Dalam Membentuk Sikap Demokratis Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Parlilitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 1 Parlilitan yang berjumlah 150 orang dan sampel yang digunakan adalah 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 orang, yang ditetapkan dengan acak sederhana (Random Sampling), Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi. Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa guru Pendidikan Kewarganegaraan sangat berperan dalam membentuk sikap demokratis siswa di SMA Negeri 1 Parlilitan. Hal ini dapat terlihat dari hasil angket penelitian terhadap siswa dan hasil wawancara dari guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Parlilitan. Usaha-usaha yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk sikap demokratis siswa seperti membiarkan siswa menumbuhkan sikap demokrasi dengan pengawasan guru, memberi contoh nilai-nilai demokratis yakni memberikan kesempatan kepada pada peserta didik untuk mengeluarkan ide/gagasan dan mengembanggkan sikap adil, terbuka konsisten, menghargai pendapat orang lain, berpikir kritis, selalu mengadakan diskusi jika ada suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan umum, serta selalu berupaya menciptakan suasana yang demokratis di sekolah maupun di luar sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 011 |
Keywords: | Peran Guru; Membentuk Sikap Demokratis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 05:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18490 |