Sari, Mirna (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA KARTIKA 1-2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113111043 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 3113111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 3113111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 3113111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM. 3113111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. NIM. 3113111043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
7. NIM. 3113111043 TABLES.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
8. NIM. 3113111043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
9. NIM. 3113111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13. NIM. 3113111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM. 3113111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan model pembelajaran Problem Based Learning dikelas XI SMA kartika 1-2 Medan T.P 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa-siswi kelas XI SMA Kartika 1-2 Medan yang berjumlah 175 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (claster random sampling) yaitu kelas XI IPA 1 kelas eksprerimen berjumlah 32 orang dan kelas XI IPA 2 kelas kontrol berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik Analisa data yang digunakan adalah uji normatif, uji homogenitas dan uji-t.Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen adalah 81,56 dan kelas kontrol adalah 64,71. Uji-t kedua kelas sampel dengan α = 0.05 diperoleh thitung = 5,10 sedangkan ttabel = 1,998 berarti thitung > ttabel (5,10>1,998) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 023 |
Keywords: | Konvensional; Problem based learning; hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18486 |