Barus, Darmina Pratiwi (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123111009 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
2. NIM 2123111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
3. NIM 2123111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. NIM 2123111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM 2123111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 2123111009 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 2123111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM 2123111009 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
12. NIM 2123111009 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM 2123111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan yang berjumlah 227 orang. Sampel diambil dari populasi sebanyak 42 orang dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan berpikir kritis adalah instrumen tes objektif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks berita adalah instrumen tes penugasan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong ke dalam kategori cukup (¯X= 61,95). Kedua, kemampuan menulis teks berita siswa tergolong ke dalam kategori cukup (¯Y=67,91). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan menulis teks berita siswa (thitung > ttabel). Besaran korelasinya (rxy = 0,86 ) berada pada rentangan 0,800 - 1,000 dan tergolong ke dalam kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 037 |
Keywords: | Kemampuan; Berpikir Kritis; Menulis; teks Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 04:35 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1843 |