Silaban, Sarny Fusvita Sari (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIPOHOLON TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103111080_1. Cover .pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
3103111080_2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3103111080_3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3103111080_4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3103111080_5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3103111080_6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3103111080_7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3103111080_8. DAFTAR LAMPIRAn.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
3103111080_9. BAB I.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3103111080_13. BAB V revisi SRY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3103111080_14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikankewarganegaraan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui peningkatan: (1) Aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1Sipoholon dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. (2) Hasilbelajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII SMPNegeri 1 Sipoholon dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sipoholon. Subjek dalam penelitianini adalah siswa kelas VIII-4 dengan jumlah siswa 31 orang. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan untukpengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan teshasil belajar yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dilakukan pre test dan posttest begitu juga dengan siklus II. Sedangkan teknik analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I kesiklus II. Pada siklus I diperoleh 25,80% atau 8 orang untuk kriteria aktif dansangat aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 38,71% atau 12 orang untukkriteria aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I kesiklus II sebesar 12,91 %. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat6 orang dari 31 orang siswa yang mendapat nilai >75 atau sebesar (19,36%) dan25 orang mendapat nilai < 75 atau sebesar (80,65%) dengan nilai rata-rata 63,22.Pada siklus II yang memperoleh nilai >75 sebanyak 27 orang (87,10%) dan siswayang memperoleh < 75 sebanyak 4 orang (12,90%) dengan nilai rata-rata sebesar82,58. Jadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I kesiklus II sebesar 67,74 %.Dalam hubungan antara aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy = 0,76 (tinggi),yang berarti ada hubungan positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa.Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make AMatch di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Sipoholon Tahun Ajaran 2013/2014 dapatmeningkatan aktivitas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa. Halini berarti bahwa model pembelajaran Make A Match dapat digunakan sebagaialternatif dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 71 Sil p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Make a Matcch |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 06:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18369 |