Maulina, Ayu (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA BERTOPIK SAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel dilakukan secara random, sehingga sampel yang di miliki sebanyak 40 sampel.
Hasil penelitian disimpulkan,Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2015/2016 adalah baik dengan nilai rata-rata74,25. Sedangkan,Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2015/2016 adalah kurang dengan nilai rata-rata 57. Model kooperatif tipe stad ini berpengaruh dalammenemukan masalah utama berita bertopik sama. Ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh nilai thitung >ttabel, yakni 2,40>1,68.
Untuk itu perlu guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pelajaran menemukan masalah utama berita bertopik sama dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam kemampuan siswa terhadap menemukan masalah utama berita bertopik sama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 031 |
Keywords: | Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad; kemampun menemukan masalah utama berita bertopik sama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 03:11 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1836 |