Barus, Tri Ade (2014) STRATEGI ADAPTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK PENGUNGSI DI LOKASI PENGUNGSIAN UKA KABANJAHE 2 KABUPATEN KARO. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103131073. COVER .pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
3103131073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3103131073. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3103131073. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3103131073. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
3103131073. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3103131073.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3103131073.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3103131073. BAB I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
3103131073. BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3103131073.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi yang dilakukan oleh pemerintah untuk tetap melaksanakan pendidikan anak usia sekolah yang berada di pengungsian UKA Kabanjahe 2. (2) Strategi yang dilakukan oleh masyarakat untuk tetap melaksanakan pendidikan anak usia sekolah pengungsian yang berada di pengungsian UKA Kabanjahe 2 . (3) Strategi yang dilakukan oleh orangtua untuk tetap melaksanakan pendidikan anaknya yang berada di pengungsian UKA Kabanjahe 2.Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kabanjahe, 2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia sekolah pada tingkat SD, SMP,dan SMA yang ada di pengungsian lokasi UKA Kabanjahe 2 Kabupaten Karo yaitu sebanyak 290 jiwa, sedangkan sampel penelitian ini adalah 20% dari jumlah populasi 58 jiwa, cara pengambilan sampel ini acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dengan menggunakan daftar wawancara dan dianalisis dengan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Strategi adaptasi pelaksanaan pendidikan yang dilakukan Pemerintah Dinas Pendidikan Kabupaten Karo adalah strategi jaringan dengan menjalin relasi, (2) Strategi adaptasi pelaksanaan pendidikan yang dilakukan masyarakat (relawan) adalah strategi (a) Strategi pasif dengan mengurangi pengeluaran orangtua dengan memberikan sumbangan, (b) Strategi Jarigan adalah menjalin kerjasama dengan sesama relawan dalam membantu anak usia sekolah dalam belajar di posko pengungsian, (3)Sedangkan stategi adaptasi yang dilakukan orang tua adalah strategi (a) Strategi Strategi aktif yaitu mengoptimalkan segala potensi keluarga dengan mencari pekerjaan tambahan, (b) Strategi pasif yaitu mengurangi pengeluaran dalam keluarga dengan cara mengurangi kebutuhan lain dan uang saku anak, (c) Strategi Jaringan adalah menjalin relasi dengan cara dapat meminjam uang sanak saudara untuk biaya pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 370.115 Bar a |
Keywords: | Strategi; Adaptasi; Bencana |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18346 |