Pulungan, Ria Marito (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS PADA MATERI PEDOSFER KELAS X-1 SMA SWASTA CERDAS MURNI KABUPATEN DELI SERDANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3103131059 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM 3103131059 LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3. NIM 3103131059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 3103131059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM 3103131059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM 3103131059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 3103131059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 3103131059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 3103131059 BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
10. NIM 3103131059 BAB V SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM 3103131059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode diskusi kelompok dengan penggunaan media grafis pada materi pedosfer di kelas X-1 SMA Swasta Cerdas Murni Kabupaten Deli Serdang T.P 2013/2014, dan (2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan metode diskusi kelompok dengan penggunaan media grafis pada materi pedosfer di kelas X-1 SMA Swasta Cerdas Murni Kabupaten Deli Serdang T.P 2013/2014.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas X-1 SMA Swasta Cerdas Murni Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 yang terdiri dari 38 siswa dengan objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode diskusi kelompok dengan penggunaan media grafis pada materi pedosfer di kelas X-1 SMA Swasta Cerdas Murni. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik komunikasi tidak langsung dan (2) observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 73,6% menjadi 86,6% pada siklus ke II. Peningkatan tersebut dari siklus I ke siklus II sebesar 13%. (2) hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 71% menjadi 89% pada siklus II. Peningkatan tersebut dari siklus I ke siklus II sebesar 18%. Dalam penelitian ini penerapan metode diskusi kelompok dengan penggunaan media grafis efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pedosfer di Kelas X-1 SMA Swasta Cerdas Murni Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.307 12 Pul p |
Keywords: | Belajar;Konsep;Mengajar;Tanah;Pedosfer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18345 |