Sitorus, Susi Yohanna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113311071 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 2113311071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
3. NIM 2113311071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 2113311071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 2113311071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 2113311071 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 2113311071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 2113311071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM 2113311071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13. NIM 2113311071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 2113311071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 330 orang siswa.
Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain. Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan membandingkan unsur intrinsik drama sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan rata-rata 64,17, standar deviasi 8,2, dengan berkategori sangat baik 0% berkategori baik 33%, berkategori cukup 58%, berkategori kurang 8%, dan berkategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script diperoleh rata-rata 75,6, standar deviasi 9,5, dengan berkategori sangat baik 28%, berkategori baik 50%, berkategori cukup 22%, berkategori kurang 0%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t_(o )sebesar 5,54 ; setelah t_o diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan t_(tabel ), pada taraf signifikan 5% = 2,03, karena t_o yang diperoleh lebih besar dari t_tabel yaitu 5,54>2,03, hipotesis alternatif (H_a) diterima.
Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 006 |
Keywords: | Model cooperative script; Mengidentifikasi unsur intrinsik drama. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 02:54 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1834 |