Malau, Hotmian (2014) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUMBUL T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 309431010 Cover. Pdf.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 309431010 Lembar Pengesahan. Pdf.pdf - Published Version
Download (989kB) | Preview
3. NIM 309431010 Abstrak. Pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 309431010 Kata Pengantar. Pdf.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
5. NIM 309431010 Daftar Isi. Pdf.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. NIM 309431010 Daftar Tabel. Pdf.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 309431010 Daftar Gambar. Pdf.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM 309431010 Daftar Lampiran. Pdf.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM 309431010 Bab I. Pdf.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
10. NIM 309431010 Bab V. Pdf.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
11. NIM 309431010 Daftar Pustaka. Pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kreativitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumbul melalui penerapan kooperatif learning tipe Time Token, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumbul melalui penerapan kooperatif learning tipe Time Token pada materi Biosfer. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-1 IPS SMA Negeri 1 Sumbul tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dengan menggunakan lembar pengamatan dan komunikasi tidak langsung dalam bentuk tes tertulis berupa pilihan berganda dan lembar kerja siswa (LKS). Data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa melalui penerapan kooperatif learning tipe Time Token, sebesar 21.08% (pada siklus I 54.66% menjadi 75.74% pada siklus II), (2). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25% (siklus I 65% menjadi 90.00% pada siklus II). Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapkan model kooperatif learning tipe Time Token pada materi biosfer dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.712 Mal p |
Keywords: | Kreativitas; Hasil Belajar; Geografi; Model Pembelajaran; Pelajaran; Biosfer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18339 |