Kesogitrin, Dyani Syafitri (2014) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS X-2 SMA MUHAMMADIYAH-4 BABALAN KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
309131011 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
309131011 LEMBAR PERSETUJUAN .pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
309131011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
309131011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
309131011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
309131011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
309131011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
309131011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
309131011 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
309131011 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
309131011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan Aktifitas belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran CD Interaktif pada materi Tata Surya di kelas X-2 SMA Muhammadiyah-4 Babalan Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. (2) Peningkatan Hasil belajar siswa dengan penerapan dengan penerapan media pembelajaran CD Interaktif pada materi Tata Surya di kelas X-2 SMA Muhammadiyah-4 Babalan Kabupaten Langkat T.A 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas X- 2 SMA Muhammadiyah-4 Babalan Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-2 dengan jumlah sebanyak 37 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran CD Interaktif pada materi Tata Surya di kelas X-2 SMA Muhammadiyah-4 Babalan Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan: (1) aktivitas belajar siswa sebesar 16,44% dari siklus I sebesar 57,88% meningkat menjadi 74,32% pada siklus II dengan menerapakan media pemelajaran CD Interaktif pada materi Tata Surya. (2) hasil belajar siswa sebesar 36% dari siklus I sebesar 51% meningkat menjadi 87% pada siklus II menerapakan media pemelajaran CD Interaktif pada materi Tata Surya dengan menerapkan media pembelajaran CD Interaktif. Berarti hasil belajar telah tuntas secara klasikal. Aktivitas dan hasil belajar yang meningkat menjawab rumusan hipotesis tindakan yaitu penerapan Media Pembelajaran CD Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya di Kelas X-2 SMA Muhammadiyah-4 Babalan Kabupaten Langkat T.A 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa hingga persentase ketuntasan klasikal minimal mencapai 85%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 523.207 12 Kes p |
Keywords: | Belajar;Hasil Belajar;Indikator; CD Interaktif; Planet |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18337 |