Candra, Wahyu (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113111094 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 2113331006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2113111094 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM 2113111094 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 2113111094TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 2113111094 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 2113111094 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2113111094 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 2113111094 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 2113111094 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 2113111094 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) terhadap kemampuan menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pantai Cermin dengan populasi 270 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas X Hotel 1 sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 30 orang.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Tes pada penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) terhadap kemampuan menulis puisi.
Kemampuan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 67,83 (termasuk dalam kategori cukup). Sedangkan kemampuan menulis puisi sesudah menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 72,5 (termasuk dalam kategori baik).
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai t hitung = 2,17. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5 % atau α = 0,05 diperoleh nilai t tabel = 1,70. Nilai t hitung > t tabel atau 2,17 > 1,70. Sehingga, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan ada pengaruh model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Pantai Cermin tahun pembelajaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 044 |
Keywords: | Model pembelajaran AIR ( Auditory; Intellectualy; Repetition); menulis puisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 02:36 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1833 |