Nova, Mariya Iin (2014) PERKEMBANGAN PEDAGANG WANITA DI PASAR MELATI MEDAN (ANALISIS SEJARAH SOSIAL). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3103121050 COVERID.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2.NIM 3103121050 AHPPREVEL SHEET.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
3. NIM 3103121050 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM 3103121050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
5. NIM 3103121050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 3103121050 TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 3103121050 LIST OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 3103121050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM 3103121050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
13. NIM 3103121050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah terbentuknya Pasar Melati yang mengalami perkembangan cukup cepat dan perkembangan pedagang wanita di Pasar Melati yang hampir setiap tahun bertambah serta motivasi kaum wanita memilih bekerja sebagai pedagang. Penelitian ini menggunakan metode Field Research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mengadakan observasi atau pengamatan langsung ke lokasi penelitian untuk mengetahui keadaan pasar dan keberadaan pedagang wanita kemudian melakukan wawancara untuk memperoleh informasi mengenai sejarah terbentuknya Pasar Melati dan motivasi pedagang wanita berjualan, selanjutnya mengkaji literature serta sumber lain guna memperoleh data. Dari hasil penelitian yang dilakukan, Pasar Melati terbentuk secara kebetulan tanpa ada perencanaan dari pemerintah, yang mulai ada sejak tahun 1983. Saat itu pasar masih belum ramai karena pedagang adalah penduduk sekitar dan barang yang dijual masih berupa sayur dan buah. Kemudian pasar ini mengalami perkembangan cukup pesar sejak tahun 1999, jenis barang yang dijual pun semakin bervariasi. Pasar Melati saat ini terkenal sebagai pasar yang menjual barang pakaian bekas (monza). Pedagang monza mulai berkembang sejak tahun 2005. Pasar Melati dikelola oleh masing-masing pemilik tanah tanpa ada campur tangan pemerintah, pemilik tanah semakin banyak melakukan pembangunan kios sehingga pasar semakin meluas. Motivasi utama pedagang wanita berjualan adalah untuk memenuhi ekonomi keluarga sedangkan lainnya memilih menjadi pedagang karena tidak mempunyai pekerjaan lain serta hobi/senang berjualan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.580 71 Nov p |
Keywords: | Perkembangan; Pedagang Wanita; Motivasi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18326 |