Pardede, Daniel (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEK LAPORAN HASIL OBSERVASI SIWA KELAS X SMA YAPIM SEI ROTAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103111009 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. NIM. 2103111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2103111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 2103111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM. 2103111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM. 2103111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 2103111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM. 2103111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
12. NIM. 2103111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM. 2103111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menyunting teks laporan hasil observasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yapim Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 120 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X-1 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai.
Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menyunting teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Yapim Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 63,2, standar deviasi = 7,11 sedangkan kemampuan menyunting teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Yapim Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2015/2016 sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 77,7, standar deviasi = 6,34. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah thitung sebesar 8,63. Selanjutnya thitung diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29 diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,70, karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,63 > 1,70, maka hipotesis diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menyunting teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Yapim Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 046 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Teks Laporan Hasil Observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 02:30 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1832 |