Simbolon, Partahanan (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PP-KN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN. TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3103111063 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
2. NIM 3103111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 3103111063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
4. NIM 3103111063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
5. NIM 3103111063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6. NIM 3103111063 DAFTAR TABELL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM 3103111063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8. NIM 3103111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
9. NIM 3103111063 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
10. NIM 3103111063 BAB I.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
11. NIM 3103111063 BAB V.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
12. NIM 3103111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti peningkatan hasil belajar siswa kelas XSMA Parulian 2 Medan dengan menerapkan model Pembelajaran Examples NonExamples.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakandalam dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatanserta refleksi dengan lokasi penelitian di SMA Swasta Parulian 2 Medan dandengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X-1 yang berjumlah 37 orang. Datadalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa yaitu melalui testawal dengan soal pilihan berganda berjumlah 10 butir soal kemudian dengan soalpost test I dan Post test II dengan jumlah 20 butir soal.Pada tahap awal penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes awal kepadasiswa, lalu dilanjutkan dengan memaparkan materi yang telah disiapkan kepadasiswa. Kemudian setela melalui tahap itu dilanjutkan dengan membagi siswakedalam beberapa kelompok, yang bertujuan untuk mendiskusikan danmenganalisis gambar-gambar yang telah dipersiapkan guru. Gambar-gambartersebut disesuaikan dengan kebutuhan pencapaian terhadap materi. Tentunyasetelah siswa usai berdiskusi, tiap kelompok akan membacakan hasil diskusinya.Setela itu siswa akan diarahkan untuk mengerjakan soal untuk post test siklus I.Ketika pada tahapan test ini pencapain ketuntasan siswa tidak mencapai 70%maka akan dilanjutkan ke tahap siklus II, yaitu dengan tahapan yang sama dengansiklus I. Dari data yang diterangkan dalam perbandingan pre test dengan post testsiklus I, yang menampilkan data siswa dengan ketuntasan 2 siswa dan persentase5,40% serta nilai rata-rata 41,62 pada pre test setelah itu pada post test siklus Isiswa yang mengalami ketuntasan 17 siswa dengan persentase 45,94% serta nilairata-rata 65,67 sudah memberikan sedikit efek dominan dalam meningkatkan hasilbelajar siswa. Namun pada kategori tersebut masi belum memenuhi indikatorpencapaian hasil belajar 70 %. tetapi lebih dari itu model pembelajaran ExamplesNon Examples berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa dikuatkan olehdata hasil penelitian siklu II, yaitu yang menampilkan data siswa mencapaiketuntasan adalah sebanyak 29 siswa dengan persentase 78,37% serta nilai ratarata75,54. Artian sudah melebihi standart ketuntasan lebih dari 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160.712 Sim p |
Keywords: | Belajar;Mengajar;Hasil Belajar;Berpikir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18307 |