PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016.

Hasanah, Nur (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 Cover.pdf]
Preview
Text
1 Cover.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2 Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of 3 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3 Abstrak.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 4 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5 Datar Isi.pdf]
Preview
Text
5 Datar Isi.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 6 Daftar tabel.pdf]
Preview
Text
6 Daftar tabel.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 7 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
7 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 8 BAB 1.pdf]
Preview
Text
8 BAB 1.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 12 BAB V.pdf]
Preview
Text
12 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
13 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Budisatrya Medan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 129 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 30 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Instrument yang digunakan adalah essay test.
Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata = 62,83, standart deviasi = 9,10 dan termasuk pada kategori sangat baik 0%, kategori baik 26,67%, kategori cukup 56,66%, kategori kurang 16,67%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata = 79,50, standart deviasi = 7,57 dengan kategori sangat baik 36,67%, kategori baik 56,66%, kategori cukup 6,67%, kategori kurang 0% dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, di dapatlah t_o sebesar 7,58. Selanjutnya setelah t_o diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df = 30 diperoleh taraf signifikan 5%=2,04, karena t_o yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 7,58 > 2,04, maka hipotesis diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh atas penerapan metode pembelajaran inquiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi di SMA Swasta Budisatrya Medan tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 051
Keywords: Model Inquiri; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2016 02:12
Last Modified: 20 Apr 2016 02:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1830

Actions (login required)

View Item
View Item