Hasanah, Nur (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5 Datar Isi.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6 Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8 BAB 1.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
12 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Budisatrya Medan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 129 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 30 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Instrument yang digunakan adalah essay test.
Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata = 62,83, standart deviasi = 9,10 dan termasuk pada kategori sangat baik 0%, kategori baik 26,67%, kategori cukup 56,66%, kategori kurang 16,67%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata = 79,50, standart deviasi = 7,57 dengan kategori sangat baik 36,67%, kategori baik 56,66%, kategori cukup 6,67%, kategori kurang 0% dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, di dapatlah t_o sebesar 7,58. Selanjutnya setelah t_o diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df = 30 diperoleh taraf signifikan 5%=2,04, karena t_o yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 7,58 > 2,04, maka hipotesis diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh atas penerapan metode pembelajaran inquiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi di SMA Swasta Budisatrya Medan tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 051 |
Keywords: | Model Inquiri; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 02:12 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1830 |