Simarmata, Yusni Lavani (2014) EFEK MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS METODE LABORATORIUM PROBLEM SOLVING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA BUDI MURNI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8106176027 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM 8106176027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM 8106176027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM 8106176027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM 8106176027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 8106176027 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 8106176027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 8106176027 CHAPETER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
12. NIM 8106176027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 8106176027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang memperoleh pembelajarannya kooperatif tipe STAD berbasis metode laboratorium problem solving dengan siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan penguasaan konsep siswa yang memiliki aktivitas siswa yang tinggi dan rendah, serta adanya interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis metode laboratorium problem solving dan pembelajaran tipe STAD dengan aktivitas siswa untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Budi Murni Semester 2 T.P 2012/2013. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah 80 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model STAD berbasis metode laboratorium problem solving sebanyak 40 orang dan X-6 sebagai kelas kontrol menggunakan model STAD tanpa berbasis metode laboratorium problem solving . Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep dan observasi aktivitas. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : model pembelajaran STAD berbasis metode laboratorium prolem solving lebih baik meningkatkan penguasaan konsep siswa daripada model STAD tanpa berbasis metode laboratorium prolem solving. Penguasaan konsep fisika siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah. Berdasarkan analisis ini juga terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 537.071 2 Sim e |
Keywords: | Model pembelajaran; STAD; Laboratorium problem solving; Aktivitas belajar; Penguasaan konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 04:42 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1826 |