Brutu, Irsan (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS VIII MTS NEGERI LANGSA TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136176016 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM 8136176016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM 8136176016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 8136176016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM 8136176016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 8136176016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 8136176016 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8136176016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM 8136176016 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM 8136176016 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM 8136176016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran model kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas VIII MTs Negeri Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII MTs Negeri Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Apakah ada Peningkatan respon siswa setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII MTs Negeri Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode Penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus pembelajaran setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, mengobservasi dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe group investigation ada peningkatan motivasi, prestasi dan respon belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Langsa. Pada Siklus I diperoleh peningkatan rata-rata skor tes prestasi hasil belajar sebesar 33,18 poin, persentase ketuntasan sebesar 66,66% dan peningkatan nilai tes prestasi hasil belajar berkategori tinggi (rata-rata N-gain ternormalisasi 100%). Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan ada 87,87% yang memperoleh nilai diatas KKM (rata-rata N-gain ternormalisasi 31%). Peningkatan motivasi PraSiklus 56,12 (kriteria cukup) meningkat pada Siklus I, 70,18 (kriteria baik) dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi 80,24 (kriteria sangat baik). Peningkatan respon pada siklus I pertemuan I, 46,87 (kriteria cukup) pertemuan II, 59,37 (kriteria baik) dan pertemuan III, 68,75 (kriteria baik), pada siklus II pertemuan IV, 75,00 (kriteria baik) pertemuan V, 87,50 (kriteria sangat baik) dan pertemuan VI, 93,75 (kriteria sangat baik).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Bru p |
Keywords: | Group Investigation; Motivasil belajar; Prestasi belajar; Aktivitas belajar mengajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 04:14 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1821 |