PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS VIII MTS NEGERI LANGSA TAHUN AJARAN 2014/2015

Brutu, Irsan (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS VIII MTS NEGERI LANGSA TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8136176016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136176016 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8136176016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136176016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8136176016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136176016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8136176016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136176016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8136176016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136176016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8136176016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136176016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8136176016 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136176016 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8136176016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136176016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8136176016 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136176016 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8136176016 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136176016 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8136176016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136176016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran model kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas VIII MTs Negeri Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII MTs Negeri Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Apakah ada Peningkatan respon siswa setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII MTs Negeri Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode Penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus pembelajaran setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, mengobservasi dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe group investigation ada peningkatan motivasi, prestasi dan respon belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Langsa. Pada Siklus I diperoleh peningkatan rata-rata skor tes prestasi hasil belajar sebesar 33,18 poin, persentase ketuntasan sebesar 66,66% dan peningkatan nilai tes prestasi hasil belajar berkategori tinggi (rata-rata N-gain ternormalisasi 100%). Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan ada 87,87% yang memperoleh nilai diatas KKM (rata-rata N-gain ternormalisasi 31%). Peningkatan motivasi PraSiklus 56,12 (kriteria cukup) meningkat pada Siklus I, 70,18 (kriteria baik) dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi 80,24 (kriteria sangat baik). Peningkatan respon pada siklus I pertemuan I, 46,87 (kriteria cukup) pertemuan II, 59,37 (kriteria baik) dan pertemuan III, 68,75 (kriteria baik), pada siklus II pertemuan IV, 75,00 (kriteria baik) pertemuan V, 87,50 (kriteria sangat baik) dan pertemuan VI, 93,75 (kriteria sangat baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Bru p
Keywords: Group Investigation; Motivasil belajar; Prestasi belajar; Aktivitas belajar mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:14
Last Modified: 19 Apr 2016 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item
View Item