Ardiani, Ade (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SELESAI T.A.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103131001 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
3103131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3103131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3103131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3103131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3103131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3103131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3103131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3103131001 BAB VI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3103131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. (2) Hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di SMA Negeri 1 Selesai Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS1 yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi dan komunikasi tidak langsung, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada materi lingkungan hidup mengalami peningkatan, dimana pada siklus I sebesar 68,16% dan pada siklus II menjadi 86,79%. (2) Hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 75,68% sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 86,49%. Artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 362.190 712 Ard u |
Keywords: | Belajar;Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Memberdt Heads Together; Materi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Apr 2018 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18206 |