Lubis, Fitri Mawaddah (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PHET DAN AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176014 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM. 8136176014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM. 8136176014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 8136176014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 8136176014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8136176014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8136176014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8136176014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 8136176014 BAB I.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM. 8136176014 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 8136176014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT menggunakan simulasi PhET dan pembelajaran konvensional, menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas tinggi dan aktivitas rendah, serta mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tritech Informatika Medan. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah dalam bentuk pilihan ganda. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisi ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa aktivitas tinggi dan rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan Simulasi PhET adalah 88 dan 84,24, sedangkan siswa dengan pembelajaran konvensional adalah 76 dan 64,28. Sehingga diperoleh besar peningkatan hasil belajar siswa yakni 64,41%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media simulasi PhET lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki aktivitas belajar Tinggi lebih baik dibandingkan dengan aktivitas belajar rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media simulasi PhET dan tingkat aktivitas belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Berinteraksi berarti pada satu sisi berpengaruh sedangkan disisi lain tidak berpengaruh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 9 Lub e |
Keywords: | Model NHT; Hasil belajar; Aktivitas; Media simulasi PhET |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 04:07 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1820 |