Simarmata, Nurcahya L. (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAANMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION CIRCUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERAIRAN DARAT KELAS X SMAN 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103131052. Cover.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
3103131052. Persetujuan Pembimbing dan Pengesahan Skripsi.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
3103131052. Abstrak.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3103131052. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3103131052. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3103131052. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3103131052. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
3103131052. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
3103131052. Bab I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
3103131052. Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3103131052. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1 ada peningkatan aktivitasbelajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative IntegratedReading And Composition CIRC pada materi perairan darat 2 ada peningkatanhasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran CooperativeIntegrated Reading And Composition CIRC pada materi perairan darat 3penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading AndComposition CIRC efektif dalam proses pembelajaran pada materi perairandarat Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Balige T A 2013 2014 Jenispenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan subjekpenelitian adalah kelas X C SMA Negeri 1 Balige T A 2013 2014 yang berjumlah32 orang Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus Teknik pengumpul datayang digunakan yaitu teknik observasi berupa lembar observasi dan teknikkomunikasi tidak langsung berupa test hasil belajar kemudian data dianalisisdengan teknik analisis inferensialHasil penelitian menunjukkan bahwa 1 ada peningkatan aktivitas belajarsiswa dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition CIRC pada materi perairan darat hal ini ditunjukkanmeningkatnya aktivitas belajar siswa dari 66 24 pada siklus I menjadi 75 66pada siklus II 2 ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan modelpembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition CIRC padamateri perairan darat hal ini dibuktikan meningkatkan hasil belajar siswa padamateri perairan darat dari 65 62 dengan nilai rata rata 79 26 pada siklus Imenjadi 87 5 dengan nilai rata rata 84 32 pada siklus II 3 penggunaanmodel pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition CIRCefektif dalam proses pembelajaran pada materi perairan darat hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa 87 dengan nilai rata rata 8432 telah melebihi batas minimal kriteria ketuntasan belajar secara klasikal yakni 85 dan hasil nilairata rata klasikal siswa adalah 80
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 917.1 sim e |
Keywords: | Belajar; CIRC; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Efektivitas pembelajaran; Materi Perairan laut |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18195 |