Sinamo, Rejekki Hasiholan (2014) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP HASILBELAJAR PKN SISWA DI KELAS XI IPS 1 SMA N 1 BANDAR PADA TAHUNPELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuanuntuk mengetahui hasil belajar Pkn siswa dengan menerapkan modelpembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS). Penelitian inidilakukan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bandar, kabupaten Simalungun.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapyaitu perencanaan, , pengamatan serta refleksi dengan lokasi penelitian di SMANegeri 1 BANDAR dan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 4 yangberjumlah 36 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasidan tes tertulis, nilai rata-rata siswa pada saat tes awal (pre tes) adalah 43.90dan siswa yang dikategorikan tuntas berjumlah dua orang (5.88%), sedangkansiswa yang dikategorikan tidak tuntas berjumlah 32 orang (94.12%), pada pos tessiklus I Nilai rata-rata siswa adalah 67.17 dan siswa yang dikategorikan tuntasmeningkat 13 orang siswa (38.24%) sedangkan siswa yang tidak tuntasberjumlah 21 orang siswa (62.76%). Pada pos tes siklus II nilai rata-rata siswaadalah 89.80 dan siswa yang dikategorikan tuntas belajar meningkat menjadi 33orang siswa (97.6%) sedangka siswa yang tidak tuntas berjumlah 1 orang (2.4%Penerapan model pembelajaran think phair and share dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI SMA Negeri 1 Bandar TahunPelajaran 2013/2014, dan dengan demikian disarankan kepada sekolah agarmenggunakan model belajar Think hair and Share untuk meningkatkan hasilbelajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sin p |
Keywords: | Model Pembelajaran;Think Pair and Share; Hasil Belajar; Cooperatif; Langkah-langkah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18190 |