Irwanoviana, Nurul (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X SMK PANCA BUDI–2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2.LEMBAR PERSETUJUAN,PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and sharepada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Panca Budi – 2 Medan. Populasi adalah siswa kelas X SMK Panca Budi-2 Medan yang berjumlah 77 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Administrasi Perkantoran yang berjumlah 39 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share.Pada penelitian ini teknis analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif.Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas belajar dan hasil belajar (post tes) dan angket.Hasil penelitian pada Pretest diperoleh rata-rata skor siswa sebesar dimana 13 orang siswa atau 33,33% yang tuntas dalam pembelajaran dan 26 orang siswa atau 66,67% siswa belum tuntas dalam belajar, sedangkan hasil post test pada siklus I yang mana 21 orang siswa atau 53,85% yang tuntas dan 18 orang siswa atau 46,15% belum tuntas, dan pada siklus II menunjukkan bahwa 33 orang siswa atau 84,62% tuntas dan 6 orang siswa atau 15,38% tidak tuntas. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan Materi Sistem Politik Indonesia kelas X-Administrasi Perkantoran SMK Panca Budi-2 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 719 Irw p |
Keywords: | Belajar;Model Pembelajaran; Teori Konstruktivisme; Kooperatif; Think Pair Share; PKN; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18187 |