Simatupang, Lisnawati (2014) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PKN DI SMP N 19 MEDAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. cover skripsi q.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. Abstrak.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. Bab I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
12. Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
13. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PKn di SMP N 19 Medan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 19 Medan dan guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 19 Medan. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 19 berjumlah 42 orang diambil secara random sampling (acak sederhana) dari masing-masing kelas VIII dan 3 orang guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP N 19 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini ialah observasi, angket dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rumus statistik sederhana. Dari hasil pengolahan data yang diperoleh dari angket dan wawancara dapat disimpulkan bahwa guru PKn di SMP N 19 Medan sangat berperan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase data angket yang mendukung hipotesis yang akan dijelaskan pada tabel 22 yakni tabel rekapitulasi jawaban responden dengan hasil persentase sebesar 80 %. Jadi dari hasil data yang diperoleh di lapangan, 80% mendukung bahwa “Guru Pendidikan Kewarganegaraan sangat berperan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PKn di SMP N 19 Medan”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sim p |
Keywords: | Peran Guru; Mutu; Pembelajaran; PKN; Mutu Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18184 |