Affadil, Muhammad (2014) PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GALANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103331040 Cover.pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
3103331040 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3103331040 Abstrak.pdf.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
3103331040 Kata Pengantar.pdf.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3103331040 Daftar Isi.pdf.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3103331040 Daftar Tabel.pdf.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3103331040 Daftar Gambar.pdf.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3103331040 Daftar Lampiran.pdf.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
3103331040 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3103331040 BAB VI.pdf.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3103331040 Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar lingkungan hidup siswa kelas XI SMA Negeri 1 Galang dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dan tanpa menggunakan multimedia berbasis komputer.Penelitian ini penelitian eksperimen dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar geografi dalam bentuk objektif tes sebanyak 25 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilias tes.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Galang yang berjumlah 3 kelas, yaitu XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Teknik pengambilan sampelnya yaitu teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPS 3 (eksperimen) dan kelas XI IPS 2 (kontrol). Teknik pengambilan data adalah analisis imperensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan multimedia berbasis komputer dengan nilai rata-rata hasil belajar 76,8 serta standar deviasi 8,23 dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan multimedia berbasis komputer dengan nilai rata-rata hasil belajar 68,15 serta standar deviasi 7,57. Perhitungan hipotesis diperoleh thitung 4,418 > ttabel 1,999. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap hasil belajar lingkungan hidup siswa kelas XI SMA Negeri 1 Galang tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 333.714 071 Aff p |
Keywords: | Multimedia Pembelajaran; Jenis Media; tahap Pengembangan Multimedia; Materi Pengajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18169 |