Ningrum, Tri Septia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA DI KELAS VIII SMP N 40 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309131077 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM. 309131077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
NIM. 309131077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM. 309131077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM. 309131077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM. 309131077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM. 309131077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM. 309131077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM. 309131077 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
NIM. 309131077 BAB VI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
NIM. 309131077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia. (2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia di kelas VIII-A SMP N 40 Medan T.A 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 40 Medan, Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas VIII-A yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes tertulis sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa, dan data dianalisis dengan teknik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia dapat meningkat dengan rata-rata 14,73% (71,93% pada siklus I menjadi 86,66% pada siklus II). (2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia juga meningkat sebesar 16,11% (73,37% pada siklus I menjadi 89,48% pada siklus II). Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer pada materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 321.023 Nin p |
Keywords: | Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18147 |