PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA DI KELAS VIII SMP N 40 MEDAN T.A 2013/2014

Ningrum, Tri Septia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA DI KELAS VIII SMP N 40 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM. 309131077 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 BAB VI.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 BAB VI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309131077 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM. 309131077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia. (2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia di kelas VIII-A SMP N 40 Medan T.A 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 40 Medan, Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas VIII-A yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes tertulis sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa, dan data dianalisis dengan teknik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia dapat meningkat dengan rata-rata 14,73% (71,93% pada siklus I menjadi 86,66% pada siklus II). (2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia juga meningkat sebesar 16,11% (73,37% pada siklus I menjadi 89,48% pada siklus II). Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer pada materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 321.023 Nin p
Keywords: Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 19 Jan 2017 05:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18147

Actions (login required)

View Item
View Item