Situmorang, Irmawati (2014) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMP SWASTA METHODIST 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM.3103311028-COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
NIM.3103311028-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
NIM.3103311028-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM.3103311028-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM.3103311028-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM.3103311028-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
NIM.3103311028-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM.3103311028-BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
NIM.3103311028-BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM.3103311028-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada mata pelajaran PKn Keterampilan mengajar merupakan kemampuan mengajar yang dimiliki guru dilakukan secara bervariasi dan meningkatkan kualitas belajar yang optimal Keaktifan belajarsiswa yang dimaksud adalah tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan belajarmengajar berupa niat belajar motivasi untuk belajar respon pada saatpembelajaran Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi menyebarkan angket danwawancara Jumlah sampel yang diambil adalah 47 siswa Rumus yang digunakanadalah korelasi product moment Dengan hasil r adalah sebesar 0770 dannilai r pada signifikan 5 dengan n 47 maka r sebesar 0 288 nilair lebih besar dari r atau 77 288 maka dapat di simpulkan bahwaterdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswapada mata pelajaran PKn kelas VIII semester genap di SMP Swasta Methodist 9Medan Tahun Ajaran 2013 2014 Untuk menguji keberartian korelasi apakahsignifikan maka di gunakan rumus uji t diperoleh t 8 121 denganharga t 2 000 Karena t lebih besar dari pada t 8 121 2 000 pada taraf signifikan 5 ada derajat kebebasan dk n 2 47 2 45 dengan demikian hipotesi alternative Ha dapat diterima yaitu ada pengaruh signifikan keterampilan mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Swasta Methodist 9 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 172 sit p |
Keywords: | Pengaruh; Keterampilan mengajar; Jenis jenis; Guru; Keaktifan belajar siswa; Mata pelajaran PPkn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18103 |