Turnip, Fitri Maria Ningsih (2014) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPEATIF TIPE TGT TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XISEMESTER GENAP DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103111029-COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM. 3103111029-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
NIM. 3103111029-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
NIM. 3103111029-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
NIM. 3103111029-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
NIM. 3103111029-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM. 3103111029-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
NIM. 3103111029-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
NIM. 3103111029-BAB I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
NIM. 3103111029-BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
NIM. 3103111029-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Percut Sei Tuan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK dengan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe TGT Team Games Tournament sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMAN 1 Percut Sei TuanPopulasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA N 1Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 160 orang Pengambilansampel dilakukan dengan cara acak cluster random sampling denganmengambil 1 kelas dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 37orang Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi Tes hasil belajar dibuat dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan yang berjumlah 20 soalPada penelitian ini teknis analisis data yang dipakai adalah metode deskriptifkuantitatif sederhana Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secaraklasikal yaitu ada 6 orang siswa 16 22 yang mencapai tingkat ketuntasanbelajar dengan nilai rata-rata 47 43 Setelah pelaksanaan siklus I denganmenggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT Team GamesTournament diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 25orang siswa 67 57 yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai ratarata68 38 Setelah pelaksanaan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 31 orang siswa 83 78 yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 77 10 Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Percut Sei Tuan pada pelajaran PKn dalam materi Sistem Hukum danPeradilan Internasional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 tur p |
Keywords: | Perinsip belajar; Pembelajaran kooperatif; Tem gamis tournaments TGT; Aktivitas belajar; Hasil belajar; PKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18084 |