Simamora, Natalia E. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103111057-COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM. 3103111057-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
NIM. 3103111057-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM. 3103111057-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
NIM. 3103111057-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
NIM. 3103111057-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM. 3103111057-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM. 3103111057-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM. 3103111057-BAB I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
NIM. 3103111057-BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
NIM. 3103111057-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMAN 1 Percut Sei TuanLokasi penelitian SMA N 1 Percut sei tuan Kabupaten Deli serdang tahun pelajaran 2013 2014 Populasi adalah kelas XI IPA yang berjumlah 155 orang siswa Dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah sebanyak 40 orang siswaJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK dengan menggunakan model pembelajaran inquiry sebagai sasaran utama Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi dan angket Tes hasil belajar dibuat dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan yang berjumlah 40 soal Penelitian tindakan kelas ini melaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan Siklus II dengan menerapkan model pembelajaran inquiry Pada siklus I peneliti menerangkan materi dengan model pembelajaran yang sama pada mata pelajaran PKn serta mengadakan pre test dan juga post test dan di siklus ke II peneliti juga menerangkan materi dengan menggunakan model pembelajaran inquiry Dan di akhiri dengan memberikan post test dengan instrument penelitian serta lembar pengamatan test hasil belajarHasil penelitian diatas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada tes awal pre test jumlah siswa yang tuntas adalah 8 orang siswa 20 sesuai dengan kriteria ketuntasan maksimal KKM yang telah ditetapkan untuk mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu 75 sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 32 orang siswa 80 Pada siklus I telah menggunakan model pembelajaran inquiry Jumlah siswa yang tuntas 26 orang siswa 65 sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang siswa 35 Dapat dilihat ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu 18 orang Kemudian pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 35 orang siswa 87 5 sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 5 orang siswa 12 5 Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn mengalami peningkatan Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMAN 1 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2013-2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 sim p |
Keywords: | Model pembelajaran; inquiri; tujuan dan manfaat; teknik model inquiri; langkah langkah; pkn; hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Jan 2017 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18071 |