Gultom, Yudha Winard Fernandez (2014) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN IMPROVE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKALANSUSU TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 071233110034-COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM. 071233110034-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
NIM. 071233110034-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM. 071233110034-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
NIM. 071233110034-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
NIM. 071233110034-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 071233110034-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 071233110034-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM. 071233110034-BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
NIM. 071233110034-BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM. 071233110034-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan diterapkan model pembelajaran improve dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikankewarganegaraan siswa di kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Susu Tahun Pelajaran 2012-2013Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangkalan Susu Tahun Pelajaran 20122013 dengan subjek adalah siswa kelas X 1 yang berjumlah 36 orang Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus dimana dalam tiap siklus terdiri dari4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatifdan data kuantitatif Dari hasil analisis data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 59 86 Data postes siklus I dengan rata rata nilai 67 08 berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7 22 Sedangkan data postes siklus II dengan rata rata nilai hasil belajar siswa adalah 75 Berartiada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 15 14 Hasilobservasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 2 86 siklus I 21 98 sedangkan siklus II 24 75 Dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran improve ini yang dilaksanakan pada sekolah SMA Negeri 1 Pangkalan Susu T P 2012-2013 membuktikan peningkatan aktivitasdan hasil belajar siswa terealisasi disekolah tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Gul p |
Keywords: | Model pembelajaran improve; Teori belajar; Strategi model pendekatan pembelajaran; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Improve Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18065 |