Andrean, Ade Chepy (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 SELESAI, TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3101111203-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM. 3101111203-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
NIM. 3101111203-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
NIM. 3101111203-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
NIM. 3101111203-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
NIM. 3101111203-LEMBAR PEGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
NIM. 3101111203-BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
NIM. 3101111203-BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
NIM. 3101111203-COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
NIM. 3101111203-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran yang diterapkan oleh penulis yang telah melakukan pengajaran di dalam kelas. Penelitian ini memuat dua variabel, yaitu variabel bebas (x) dan variabel terikat (y). aspek yang menjadi variabel bebas (x) adalah efektivitas penerapan model pembelajaran role playing, sedangkan variabel terikat (y) adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Dalam hal ini yang menjadi populasinya adalah para siswa SMP Negeri 1 Selesai Kelas VII (tujuh) yang terdiri dari 9 (sembilan) kelas. Dari kesembilan kelas tersebut, penulis menentukan bahwa yang menjadi sampel adalah para siswa kelas VII-3 (tujuh tiga) yang terdiri dari 35 (tiga puluh lima) siswa. Hasil penelitian ini diperoleh dari langkah-langkah yang sudah ditentukan penulis, di mana penulis melaksanakan pre test untuk melihat hasil awal dari tes sebelum menerapkan model pembelajaran role playing. Setelah itu penulis menyampaikan materi pelajaran dengan diiringi menggunakan model pembelajaran role playing, lalu penulis memberikan post test. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi antara variabel (x) terhadap variabel (y) diketahui bahwa nilai “r” hitung adalah sebesar 0,661. Maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengkorelasikan “r” hitung dengan nilai “r” tabel, pada tabel nilai “r” product moment diketahui bahwa dengan n = 35 pada taraf signifikansi 5 % diperoleh “r” tabel sebesar 0.334, sedangkan pada taraf signifikansi 1 % diperoleh “r” tabel sebesar 0,430. Karena r_xy pada taraf sinifikansi 5 % lebih besar dari “r” tabel (0,661>0.334), maka dapat disimpulkan terdapat efektivitas yang kuat dari penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-3 SMP Negeri 1 Selesai, tahun pelajaran 2013/2014. Dari hasil penelitian analisis dengan menggunakan rumus uji “t” di atas untuk melihat efektivitas penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-3 SMP Negeri 1 Selesai, tahun pelajaran 2013/2014, maka diperoleh besarnya “t” hitung = 5,059 dan harga “t” tabel =2,034. Karena “t” hitung lebih besar daripada “t” tabel (5,059>2,034) pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (df) = N – nr = 35 – 2 = 33 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 And e |
Keywords: | Motivasi;Teori-teori belajar; Aspek pembelajaran; inteligensi; Kreativitas; Guru Profesional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18063 |