Simarmata, Riko (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII DI SMPN 1 PANTAI CERMIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103111072-COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 3103111072-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
NIM. 3103111072-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NIM. 3103111072-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
NIM. 3103111072-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM. 3103111072-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 3103111072-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 3103111072-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 3103111072-BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
NIM. 3103111072-BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
NIM. 3103111072-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII di SMPN 1 Pantai Cermin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang disebabkan oleh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada mata pelajaran PKn di Kelas VII di SMPN 1 Pantai Cermin. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pantai Cermin Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 280 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 yang berjumlah 44 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yaitu berupa soal post test untuk mengetahui daya serap siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data yaitu kegiatan menyeleksi data sesuai dengan fokus masalah, menggunakan sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest sebelum diadakan tindakan pada siklus I adalah sebanyak 27 orang (61,36%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 71,82. Setelah diadakan tindakan pada post test siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 32 orang siswa (72,72%) dengan nilai rata-rata 77,30 dan setelah diadakan pada siklus II sebanyak 42 orang siswa (95,45%) siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan dengan nilai rata-rata 94,77. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas VII di SMPN 1 Pantai Cermin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sim p |
Keywords: | Model Pembelajaran;Problem based Instruction; Hasil Belajar; Siswa ; Pkn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18062 |