Saragih, Duem (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIF PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMBENTUKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII IPS I SMA N 1 BANDAR T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 309121014-COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
NIM 309121014-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
NIM 309121014-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
NIM 309121014-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
NIM 309121014-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
NIM 309121014-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM 309121014-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 309121014-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM 309121014-BAB I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
NIM 309121014-BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
NIM 309121014-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : Mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Creatif Problem Solving dalam pembelajaran sejarah siswa berpengaruh kepada pembentukan berpikir kritis siswa tersebut khususnya siswa kelas XII IPS. Hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran ini kemudian dapat juga distimulus sehingga hasil belajarnya kemudian meningkat seperti yang diharapkan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas XII yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XII IPS I dan XII IPS II yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Dalam penelitian ini digunakan 2 instrumen, yaitu : 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda 20 soal dengan 5 pilihan jawaban dan 2) lembar observasi aktifitas belajar siswa baik secara kelompok maupun individu.
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 52,5 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 53,3. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran Creatif Problem Solving sebesar 73,6 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 60,8. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,91 > 1,994 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh dari penggunaan strategi pembelajaran CreaTif Problem Solving. Kesimpulan dari pengaruh yang dihasilkan yaitu dapat memberi ransangan bagi peningkatan hasil belajar, dan mulai membentuk berpikir kritis siswa. Juga mendorong peningkatan minat belajar siswa untuk mempelajari mata pelajaran sejarah di sekolah, sebab penggunaan strategi ini memudahkan siswa untuk lebih mengerti materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 907.12 Sar p |
Keywords: | pembelajaran; strategi pembelajaran; Creatif Problem Solving; berfikir kritis; pembelajaran sejarah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18039 |