Tan, Irhamuddin (2014) PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM NON-FORMAL DALAM PENGKADERAN KARAKTER UNIT KEGIATAN MAHASISWA ISLAM (UKMI) AR-RAHMAN UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309321018-COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM. 309321018-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
NIM. 309321018-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
NIM. 309321018-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
NIM. 309321018-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
NIM. 309321018-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
NIM. 309321018-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
NIM. 309321018-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
NIM. 309321018-BAB I .pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
NIM. 309321018-BAB V .pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
NIM. 309321018-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dilihat dalam penelitian ini adalah perhatian terhadap fenomena pendidikan Islam yang ada di seputar lingkungan Universitas Negeri Medan yang dilakukan oleh salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, penerapan, dan evaluasi pendidikan Islam non-formal dalam membentuk kepribadian atau karakter mahasiswa Islam di UKMI Ar-Rahman UNIMED.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi serta dokumentasi. Adapun narasumber dalam penelitian ini adalah Ketua Umum, Koordinator Departemen Syiar dan Pelayanan Kampus (SPK), dan Koordinator Departemen Rekrutmen dan Pembinaan Kader (RPK) UKMI Ar-Rahman UNIMED.Berdasarkan dari penelitian diketahui bahwa proses pendidikan Islam dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya pendidikan Islam non-formal yang dilakukan oleh UKMI Ar-Rahman UNIMED. Murabbi dan Mutarabbi merupakan pelaku pendidikan Islam non-formal di Pengkaderan UKMI Ar-Rahman. Melalui berbagai aktivitas tarbiyah, kader memiliki pemahaman yang baik tentang Islam dan dapat berislam secara baik. Hasil penelitian ini adalah terlaksananya pendidikan Islam non-formal di UKMI Ar-Rahman UNIMED yang dapat dibagi tiga yaitu; Perencanaan Pendidikan Islam Non-formal, Penerapan Pendidikan Islam Non-Formal, dan Evaluasi Pendidikan Islam Non-Formal.Adapun pendidikan Islam non-formal yang diterapkan dalam pengkaderan UKMI Ar-Rahman antara lain:1) Daurah, merupakan sarana intensif untuk membekali peserta dengan metode dan pengalaman penting untuk mengembangkan keahlian, menambah pengetahuan yang sifatnya khusus dan mendalam yang sulit disampaikan melalui mentoring atau ta’lim-ta’lim lain.2) Halaqah, merupakan sarana pendidikan Islam yang sistematik dan berkesinambungan (kontinuitas) dalam bentuk majelis ta’lim. Halaqah adalah bentuk pendidikan Islam non-formal yang tidak hanya menyentuh perkembangan intelektual, tetapi lebih menyentuh perkembangan emosional dan spiritual kader.Nilai-nilai karakter Islami yang terbentuk dalam UKMI Ar-Rahman setelah mengikuti kegiatan ini adalah religius, jujur, rasa ingin tahu yang tinggi terhadap perkembangan ilmu, gemar membaca, saling menghargai dan bersahabat, sampai saling menanggung kebutuhan bersama. Tujuannya adalah untuk mencapai kader-kader UKMI Ar-Rahman yang cerdas dan sholeh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 909.297 Tan p |
Keywords: | pendidikan karakter dalam Islam; Pendidikan Islam non formal; jenis- jenis pendidikan Islam non- formal; sejarah perkembangan pendidikan Islam non formal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18038 |