Rosi, Mehawani (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS VII DI SMP NEGERI 5 LIMA PULUH PADA TAHUN AJAR 2012 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309121043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
NIM. 309121043 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM. 309121043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
NIM. 309121043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
NIM. 309121043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM. 309121043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM. 309121043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM. 309121043 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
NIM. 309121043 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
NIM. 309121043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lima Puluh dalam menguasai pokok bahasan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Budha serta untuk meningatkan kemampuan dalam memahami pokok bahasan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu BudhaJenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas. Penelitian berlangnsung selama dalam dua siklus Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksiPenelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lima Puluh Batu bara dengan jumlah siswa 37 orang. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian yakni model pembelajaran peta pikiran. Penelitian ini dikatakan berhasil jika siswa memperoleh nilai 65 00 mencapai 85 secara individual dan klasikal. Dari hasil pretes yang telah dilakukan didapat siswa yang memperoleh ketuntasan hanya 2 orang 5 41 dan belum tuntas bekisar 35 siswa lainnya 94 59Dari hasil penelitian siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan mencapai 23 siswa 62 16 dan yang nilainya masih dibawah ketuntasan yaitu sebanyak 14 siswa 37 83 Sedangkan untuk siklus II siswa yang telah tuntas yaitu 32 siswa 86 49 dan yang belum tuntas hanya 5 siswa 13 51Berdasarkan kesimpulan yang dapat diambil yaitu bahwa model pembelajaran peta pikiran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sejarah perkembangan masyarakat di Indonesia pada masa Hindu-Budha dikelas VII SMP Negeri 5 Lima Puluh. Disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran bervariasi termasuk model pembelajaran peta pikiran sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah pada saat ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 909 12 /Ros/m |
Keywords: | Hasil belajar ; Pembelajaran sejarah ; Model pembelajaran ; Peta pikiran ; Hipotesis tindakan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18004 |