Astuti, Susanti Widhi (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.A 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071233220074 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
NIM 071233220074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
NIM 071233220074 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
NIM 071233220074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
NIM 071233220074 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
NIM 071233220074 DAFTAR TABEL .pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 071233220074 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 071233220074 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
NIM 071233220074 BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
NIM 071233220074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perbaungan T.A 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perbaungan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan control. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal dengan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar melalui penggunaan media puzzle pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest adalah 39,12 standar deviasi diperoleh 9,46 dan varians diperoleh 89,59 nilai posttest pada kelas ekperimen diperoleh rata-rata 72,75 standar deviasi diperoleh 11,37 dan varians diperoleh 129,42, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan pengajaran konvensional pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest adalah 41,75, standar deviasi diperoleh 12,83 dan varians diperoleh 164,80 nilai posttest pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 46,50 standar deviasi diperoleh 11,39 dan varians dieroleh sebesar 129,74. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05 menggunakan uji-t dua pihak untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal dan diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 909 071 2 /Ast/p |
Keywords: | Hasil belajar ; Sejarah ; Media puzzle ; Media pembelajaran ; Populasi penelitian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18001 |