Ritonga, Asmidar (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SEJARAHSISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELASX SMA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309421002-COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM. 309421002-LEMBAR PNEGESAHAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
NIM. 309421002-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM. 309421002-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM. 309421002-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM. 309421002-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM. 309421002-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM. 309421002-BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
NIM. 309421002-BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dankeaktifan dalam belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidengan diterapkannya model pembelajaran problem solving dapat meningkatkanaktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMA SINAR HUSNI Medan Tahun Ajaran2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA SINAR HUSNI Medan pada semesterganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas X yangberjumlah 50 orang. Penelitian ini merupakan penelitian expost fakto yangdilakukan di kelas yang terdiri dari 4 pertemuan, dimana dalam tiap pertemuanterdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknikpengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisisdata adalah dengan data kualititatif dan data kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatanaktivitas belajar siswa, pada awal dilakukan pre test hasilnya dari jumlah 50 siswahanya 28 siswa yang mencapai ketuntasan yakni 70 56 Setelah dilakukanmodel pembelajaran Problem Solving dan dilaksanakan pos test maka nilaiketuntasan siswa mencapai 44 siswa 88Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solvingpada standar kompetensi menganalisis peradaban Indonesia dan Dunia dapatmeningkatkan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMA SINAR HUSNIMedan Tahun Ajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan aktivitas belajar yangsignifikan ditandai dengan nilai rata-rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 909 071 2/Rit/m |
Keywords: | Metode pembelajaran ; Problem soluma ; Aktivitas belajar ; Nilai aktivitas dalam pengajaran ; Hipotesis tindakan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17964 |