Pasaribu, Pomal Boris (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK DASAR-DASAR PENELITIAN SEJARAH KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 BANDAR T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 308121116-COVER.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
NIM. 308121116-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
NIM. 308121116-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
NIM. 308121116-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM. 308121116-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
NIM. 308121116-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM. 308121116-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM. 308121116-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM. 308121116-BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
NIM. 308121116-BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
NIM. 308121116-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan model Teams Games Tournament pada pokok bahasan dasar-dasar penelitian sejarah di Kelas X Semester I SMAN 1 Bandar T.P 2013/2014 dan Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan penerapan model Teams Games Tournament pada pokok bahasan dasar-dasar penelitian sejarah di Kelas X Semester I SMAN 1 Bandar T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar yang berjumlah 11 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-9 dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan kelas X-11 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu : 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa.Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,375 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 46,625. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen dengan pembelajaran TGT sebesar 80,125 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 71. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,752 > 1,994 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok dasar-dasar penelitian sejarah di SMA Negeri 1 Bandar T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 909.071 2 Pas p |
Keywords: | Hasil belajar; Proses pembelajaran dan aktivitas belajar; Model pembelajaran; Konvensional; Kooperatif; Sejarah. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17921 |